Minggu, 04 Mei 2014

TIPS MENGHINDARI PENIPUAN SAAT BERBELANJA ONLINE




semua Orang pasti tahu tentang apa itu PENIPU yang kerap kali membuat semua Orang resah atas tindakannya itu..
Padahal di INDONESIA Ini ada Pasalnya lho Yaitu:
Pasal 28 ayat (1) UU ITE yang menyatakan: “Setiap Orang dengan sengaja, dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.

Dan penipuan melalui internet juga dapat dikenakan pidana yaitu :
Dalam pasal ini disebutkan juga, bagi yang melakukan tindak kriminal dalam kasus penipuan melalui transaksi elektonik akan diancam hukuman penjara selama 6 tahun dan/atau denda sebesar paling banyak 1 milyar rupiah.

Dan untuk menghindari penipuan tersebut, saya akan membagi tips berbelanja online dengan aman.

Tips 1
Hati-hati dengan harga murah. Sebelum kita memutuskan untuk membeli, sebaiknya kita tahu harga kisaran yang sesuai dengan kualitas produk. Apabila kisaran harga produk tersebut terlalu murah atau jarak antara harga terlalu jauh misal lebih dari 50% dari kisaran harga normal. Maka hal itu patut dicurigai dan kemungkinan besar itu adalah penipuan.

Tips 2
Lakukan penyelidikan Kita bisa selidiki profil toko online tersebut, mulai dari nama lengkap, alamat, dan nama usaha toko online-nya. Kalau ada salah satu dari yang disebutkan tadi, tercantum dalam toko on line tersebut maka kita bisa melanjutkan penyelidikan ke tahap berikutnya. Misal disitu cuma ada nama pemilik, kita bisa menelusuri informasi lebih lanjut dengan menggunakan google. Kalau setelah dicari, kita menemukan facebook atau twitter miliknya, kita bisa menjadi temannya dan melihat komentar-komentar di facebook atau twitter-nya. Dari situ, kita bisa memperkirakan apakah dia penipu atau bukan.  

Tips 3

Domain Gratis. Hati-hati bila alamat toko online menggunakan domain gratis karena bisa jadi itu merupakan penipuan. Biasanya toko online yang benar-benar setius mereka akan menggunakan domain yang berbayar. Disisi karena kesungguhan, juga karena didalam dunia internet domain berbayar juga menunjukan kredibilitas usaha. tapi tunggu dulu meski begitu, kita masih perlu untuk waspada, kadang ada juga yang menggunkan domain berbayar untuk penipuan. Untuk itu perlu diperiksa, caranya bisa menggunakan whois domain tool, di www.whois.com . Disitu kita bisa mencari informasi tentang domain tersebut dan untuk mengetahui apakah toko online tersebut bisa dipercaya adalah apabila informasi yang diberikan tidak diprotect atau disembunyikan.

Tips 4

Metode Pembayaran Kalau kita ingin mencari jalur yang aman, kita bisa menggunakan metode pembayaran COD atau cash on delivery. Jadi kita membayar setelah barang diantar,dengan begitu kita bisa memeriksa terlebih dahulu keaslian barang tersebut sebelum membayarnya. Selain metode COD, bisa juga menggunakan kartu kredit karena metode ini cukup bisa dipercaya, melihat prosedur yang ketat dalam penggunaan kartu kredit. Lalu metode yang sebaiknya dihindari adalah transfer antar bank, cara ini cukup beresiko karena kita tidak bisa menjamin uang kita akan kembali bila terjadi penipuan. Kalaupun harus menggunakan cara ini, buatlah perjanjian dengan pembeli menggunakan rekber atau rekening bersama. Penipu biasanya tidak menggunakan metode COD, kartu kredit atau Rekber, meski cara ini aman tapi tetap kita perlu berhati-hati.


Tips 5

Hati-hati dengan lokasi Batam atau toko online elektronik Hal yang perlu diwaspadai adalah lokasi penjual toko online. Bila lokasi tersebut adalah Batam, maka toko online tersebut patut dicurigai karena sekarang ini banyak toko online palsu yang mengaku dari Batam. Selain lokasi juga jenis toko online, bila itu merupakan toko online yang menjual barang-barang elektronik maka besar kemungkinan itu adalah tipuan. 

Sumber :  http://www.kaskus.co.id/post/5306b696a2cb1791168b46fd#post5306b696a2cb1791168b46fd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar